Jokowi-JK Dominasi Media Sosial di Hari Pencoblosan

Di hari `H` Pilpres, pasangan Jokowi-JK lebih banyak dibahas atau diperbincangkan oleh para pengguna media sosial.

oleh Adhi Maulana diperbarui 09 Jul 2014, 13:41 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2014, 13:41 WIB
Jokowi-JK

Liputan6.com, Jakarta - Di hari Pemilihan Presiden (Pilpres) yang saat ini sedang berlangsung, data yang dimiliki lembaga riset PoliticaWave menunjukkan bahwa pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-JK semakin mendominasi di media sosial.

Menurut presentase 'Share of Awareness' yang memperhitungkan jumlah buzz (percakapan yang terjadi atas suatu nama atau brand di media sosial), pasangan Jokowi-JK unggul dengan 950.102 buzz (63,8%) dibanding pasangan Prabowo-Hatta yang hanya memiliki 539.274 buzz (36,2%).



Hal tersebut menunjukkan bahwa di hari `H` Pilpres, pasangan Jokowi-JK lebih banyak dibahas atau diperbincangkan oleh para pengguna media sosial. Meski tak menjamin semua pembahasan di media sosial itu bersentimen positif, namun popularitas Jokowi-JK terbukti lebih tinggi dibanding pesaingnya.

Hal tersebut tentunya tak mengherankan jika melihat pergerakan di sejumlah media sosial, khususnya di Twitter. Menurut pantauan tim Tekno Liputan6.com, berbagai tanda tagar (hashtag) terkait Jokowi-JK jauh lebih mendominasi dibanding hashtag yang berafiliasi dengan pasangan Prabowo-Hatta.

Hashtag #Rame2Celup2Jari menduduki peringkat teratas di jajaran trending topic dunia di Twitter. Hal ini juga berlaku pada trending topic di kawasan Indonesia, yang juga bertengger di urutan teratas.

Tepat di bawah #Rame2Celup2Jari, di trending topic dunia terdapat #SudahCoblosPeciPrabowo. Sementara trending topic di Indonesia, #SudahCoblosPeciPrabowo berada di urutan ketiga di bawah #VoteJokowiForPresident.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya