6 Maret 2003: Kecelakaan Pesawat di Aljazair Tewaskan 102 Jiwa, Ada Satu Orang Selamat

Pada 6 Maret 2003, Air Algerie Penerbangan 6289 mengalami kecelakaan dan menewaskan 102 jiwa. Namun, satu orang selamat.

oleh Alycia Catelyn diperbarui 06 Mar 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 06 Mar 2023, 06:00 WIB
Air Algerie Penerbangan 6289
Air Algerie Penerbangan 6289 mengalami kecelakaan. (Algerie Presse Service)

Liputan6.com, Tamanrasset - Pesawat Air Algerie Penerbangan 6289 mengalami kecelakaan ketika salah satu mesinnya terbakar pada 6 Maret 2003. Kemudian, pesawat jatuh tak lama setelah lepas landas.

Sekitar lima detik setelah rotasi pesawat, pada saat diminta untuk menarik kembali mesin, terdengar suara dentuman keras di perekap suara kokpit atau cockpit voice recorder (CVR).

Pesawatnya jatuh di gurun Sahara dan 102 orang tewas, dilansir dari The Gainesville Sun, Sabtu (4/3/2023).

Namun, ada satu orang selamat dari kecelakaan itu yakni seorang tentara muda.

Pesawat Boeing 737 itu terjatuh setelah lepas landas dari Tamanrasset menuju Aljir, ibu kota Aljazair, 1.000 mil ke utara.

"Ada masalah mekanis saat lepas landas," kata Hamid Hamdi selaku juru bicara maskapai.

"Tidak ada unsur yang membuat kami berpikir ada serangan teroris," imbuhnya.

Tujuh warga Prancis termasuk di antara 97 penumpang. Hamdi juga mengatakan bahwa ia mengenal enam orang Eropa di dalamnya. Penumpang yang tersisa dan enam awak kabin adalah orang Aljazair.

Perdana Menteri Aljazair Ali Benflis segera membentuk unit krisis di bandara di Aljir dan Tamanrasset untuk menangani kecelakaan tersebut, yang dianggap sebagai yang pertama dalam sejarah penerbangan komersial Aljazair. Sebuah unit investigasi juga didirikan di bandara Tamanrasset.

Tidak ada pengecualian teknis atau item perawatan yang ditangguhkan yang diterapkan pada pesawat. Sebelum keberangkatan, pesawat telah menjalani perawatan rutin untuk masalah teknis kecil seperti pompa hidrolik telah diubah di ruang roda pendaratan sirkuit B.


Hasil Investigasi

Ilustrasi pilot di kokpit (pixabay)
Ilustrasi pilot di kokpit. (Pixabay)

Kapten mengumumkan bahwa ia akan mengambil alih kendali sekitar delapan detik setelah terjadi kerusakan mesin. Laju tanjakan dipertahankan, kecepatan pesawat menurun secara progresif hingga mencapai kecepatan stall, dilansir dari Aviation Accidents.

Beberapa saat kemudian setelah kapten mengumumkan bahwa ia akan mengambil alih kendali, co-pilot memberi tahu menara kontrol "kami memiliki masalah kecil".

Pesawat terus menanjak dan mencapai ketinggian yang tercatat sekitar 122 meter. Kecepatan turun secara progresif selama pesawat lepas landas hingga kecepatan berhenti di akhir perekaman.

Namun, sekitar sepuluh detik sebelumnya, suara pengocok tongkat terdengar di rekaman CVR, yang biasanya menandakan bahwa pesawat berada 7 persen dari kecepatan stall-nya.

Peringatan aural "Jangan tenggelam" muncul sekitar enam detik sebelum rekaman berakhir, yang biasanya menunjukkan hilangnya ketinggian saat lepas landas saat pesawat berada di bawah 274 meter.

Roda pesawat pendaratan diperpanjang, menghantam tanah di sisi kanannya. Kebakaran hebat segera terjadi. Pesawat meluncur terus, kehilangan berbagai bagian, menabrak dan menjatuhkan pagar pembatas bandara kemudian menyeberang jalan sebelum berhenti terbakar.

Kecelakaan itu disebabkan oleh hilangnya mesin selama fase kritis penerbangan, roda pendaratan yang tidak ditarik setelah kerusakan mesin, dan kapten yang mengambil alih kendali pesawat sebelum mengidentifikasi masalahnya dengan jelas.


Faktor yang Berkontribusi pada Kecelakaan

Ilustrasi Pesawat Terbang
Ilustrasi pesawat terbang. (Unsplash/trinitymmoss)

Hamid Hamdi mengatakan bahwa cuaca tampaknya tidak menjadi faktor penyebab kecelakaan itu. Pasalnya, hari itu cerah.

Faktor-faktor berikut pun dirangkum sebagai yang berkontribusi terhadap kecelakaan Air Algerie Penerbangan 6289, yakni:

  • Persiapan penerbangan yang ala kadarnya, yang berarti awak pesawat tidak memiliki bekal untuk menghadapi situasi yang terjadi pada saat kritis penerbangan,
  • Adanya kebetulan antara saat kegagalan terjadi dan permintaan untuk menarik kembali roda pendaratan,
  • Kecepatan peristiwa yang menyisakan sedikit waktu bagi kru kabin untuk memulihkan situasi,
  • Mempertahankan tingkat pendakian yang tidak tepat, yang mengakibatkan kegagalan salah satu mesin,
  • Tidak adanya kerja sama tim dalam kokpit setelah kerusakan mesin, yang menyebabkan kegagalan untuk mendeteksi dan memperbaiki parameter yang terkait dengan pelaksanaan penerbangan seperti kecepatan, laju pendakian, konfigurasi, dan lainnya,
  • Berat lepas landas mendekati maksimum dengan ketinggian lapangan terbang atau aerodrome yang tinggi dan suhu yang tinggi,
  • Lingkungan berbatu di sekitar lapangan terbang, tidak cocok untuk pendaratan darurat.

Mengenai Tamanrasset

Gurun pasir di Tamanrasset. (Unsplash)
Gurun pasir di Tamanrasset. (Unsplash)

Kota Tamanrasset, dulunya Benteng Laperrine, di Aljazair bagian selatan.

Melansir dari Britannica, kota ini awalnya merupakan pos terdepan militer, yang menjaga jalur perdagangan trans-Sahara. Ini telah menjadi stasiun penting di jalan aspal utara-selatan yang disebut Jalan Raya Trans-Sahara melalui Aljazair utara, yang mencapai Tamanrasset pada 1980.

Meskipun iklim gurun dikurangi dengan ketinggian kota 1.378 m, beberapa di antaranya suhu naungan tertinggi yang diketahui di dunia melebihi 38 derajat Celsius.

Kota ini juga merupakan pemukiman oasis Tuareg Berber di mana buah jeruk, persik, aprikot, kurma, almond, ara, sereal, dan jagung ditanam.

Wilayah sekitar Tamanrasset juga seluruhnya dikelilingi gurun Sahara, wilayah yang sangat luas dan kering. Fisiografinya meliputi bukit pasir besar di Grand Ergs Occidental dan Oriental di barat dan timur laut dan Dataran Tinggi Tademait di utara.

Pada 1905, Charles Eugène de Foucauld, seorang penjelajah dan pertapa Prancis, membangun pertapaannya di Tamanrasset. Ia menyusun tata bahasa dan kamus bahasa Tuareg. Sebuah kolom peringatan didirikan di dekat tempat ia dibunuh pada 1916.

Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan
Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya