Dubes Tolchenov: Rusia-Indonesia Akan Gelar Latihan Gabungan Pertama Kalinya

Diplomat Rusia itu menjelaskan pihaknya melakukan latihan gabungan serupa dengan banyak negara dan latihan ini tidak ditujukan terhadap pihak ketiga.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 20 Okt 2024, 15:03 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2024, 15:03 WIB
Duta Besar Rusia untuk Indonesia Sergei Tolchenov dalam pernyataan pers kepada media di kediamannya di Jakarta, Selasa (20/8/2024). (Liputan6/Benedikta Miranti)
Duta Besar Rusia untuk Indonesia Sergei Tolchenov dalam pernyataan pers kepada media di kediamannya di Jakarta, Selasa (20/8/2024). (Dok. Liputan6/Benedikta Miranti)

Liputan6.com, Moskow - Rusia dan Indonesia akan menggelar latihan gabungan angkatan laut Orruda yang pertama pada bulan November. Hal tersebut disampaikan menurut Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia Sergei Tolchenov pada Sabtu (19/10/2024).

"Pada bulan November, sekelompok kapal dari Armada Pasifik akan melakukan kunjungan persahabatan ke pelabuhan Surabaya. Akan ada tiga korvet modern kami. Kunjungan berbagai kapal seperti itu terjadi hampir setiap tahun," kata Dubes Tolchenov dalam wawancara dengan kantor berita TASS, seperti dilansir Anadolu, Minggu (20/10).

Indonesia, sebut Tolchenov, pada gilirannya melakukan kunjungan persahabatan ke pelabuhan-pelabuhan Rusia.

"Pada bulan November, sehubungan dengan kunjungan ini (dari kapal-kapal Rusia), akan ada latihan angkatan laut skala besar pertama Rusia dan Indonesia," tutur Dubes Tolchenov, seraya menambahkan bahwa di masa mendatang latihan itu dapat diadakan secara berkala - sekali setiap dua tahun.

"Kemudian mungkin suatu hari kita dapat melakukan latihan semacam itu bukan di perairan dekat Indonesia, tetapi, katakanlah, di bagian lautan dunia yang lebih dekat dengan Timur Jauh Rusia. Ada banyak kemungkinan berbeda di sini."

Nama "Orruda" adalah akronim untuk simbol kedua negara, yakni elang Rusia (Oryol dalam bahasa Rusia) dan garuda Indonesia - raja burung dalam mitos.

"Elang ada di lambang Rusia dan garuda ada di lambang Indonesia. Semua orang akan melihatnya - teman dan musuh kita," kata Tolchenov.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya