3 Pemuda Kashmir Gunakan Inovasi Frekuensi Radio Atasi Kemacetan di Jalan

Sekelompok lima pengusaha dari Kashmir berhasil mengembangkan frekuensi radio yang inovatif yaitu prototipe sistem peringatan transmisi RF untuk mengatasi kemacetan lalu lintas.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 09 Jun 2023, 17:05 WIB
Diterbitkan 09 Jun 2023, 17:05 WIB
Ilustrasi kemacetan di India
Ilustrasi kemacetan di India (iStock)

Liputan6.com, New Delhi - Sekelompok lima pengusaha dari Kashmir berhasil mengembangkan frekuensi radio yang inovatif yaitu prototipe sistem peringatan transmisi RF untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di jalan raya utama dan persimpangan sibuk di sejumlah wilayah.

Sistem ini dirancang khusus untuk kendaraan darurat seperti ambulans dan pemadam kebakaran, bertujuan untuk memastikan navigasi berjalan mulus melalui kemacetan lalu lintas, memastikan waktu respons yang cepat, dan perjalanan yang aman.

Tim inovator terdiri dari Manan Sajad Malik, Farhana Fayaz Batoo dan Mueed Ahmad Chishti, dikutip dari laman aninews.in, Jumat (8/6/2023).

Manan Sajad Malik, saat berinteraksi dengan media lokal, menekankan masalah kemacetan lalu lintas perkotaan kian berkembang dan keterbatasan langkah-langkah soal pengendalian lalu lintas.

“Meningkatnya jumlah kendaraan dan kurangnya perluasan jalan berkontribusi terhadap kemacetan lalu lintas yang parah, terutama berdampak pada transportasi kendaraan darurat,” jelasnya.

Malik menunjukkan tantangan yang dihadapi di negara-negara seperti India dan Thailand, di mana dimensi jalan yang tidak praktis dalam mengalokasikan jalur terpisah untuk kendaraan darurat.

"Kemacetan merupakan masalah yang signifikan bagi sistem transportasi, terutama ketika kasus darurat muncul di persimpangan lampu lalu lintas yang ramai," katanya.

Untuk mengatasi tantangan ini, tim mengembangkan sistem kendali kemacetan yang aktif setelah menerima sinyal dari sebuah alat melalui transmisi RF.

Sistem ini menggunakan mikrokontroler untuk membuat pengumuman yang ditampilkan pada layar LCD yang terpasang pada sambungan.


Cara Kerja Sistem Frekuensi Radio

Penyebab Kemacetan Lalu Lintas Lainnya
Ilustrasi Penyebab Kemacetan Lalu Lintas Credit: pexels.com/Alexandr

Secara bersamaan, lalu lintas dialihkan dari jalan alternatif, menyediakan jalur yang jelas untuk kendaraan darurat dan memastikan jalan yang aman.

“Sistem ini dirancang untuk mengurangi kecelakaan yang sering terjadi di persimpangan lampu lalu lintas saat kendaraan berkumpul untuk memberi jalan bagi kendaraan lain. Dengan mengimplementasikan komunikasi nirkabel, khususnya transmisi RF, ke dalam sistem kontrol lampu lalu lintas, kami telah mencapai keberhasilan dalam memfasilitasi penggerak mobil ambulans," kata Malik.

Tujuan utama proyek ini adalah untuk membuat sistem komprehensif yang mampu membuat pengumuman dan menampilkannya di layar LCD yang ditempatkan di persimpangan.

Sistem akan memberi pengumuman dan menyalakan lampu hijau untuk rute yang ditentukan sambil menampilkan lampu merah untuk rute lain di persimpangan.

Menjelaskan detail teknisnya, Malik memaparkan proposal mereka untuk mendeteksi ambulans yang mendekati persimpangan dengan membuat pengumuman terlebih dahulu.


Pengiriman Sinyal ke Masyarakat

Ilustrasi kemacetan
Kemacetan Ibukota sudah tak bisa lagi dihindari. Apalagi pada pagi dan sore hari menjelang jam pulang kantor. Kondisi jalanan yang semakin ramai, membuat banyak masyarakat memilih kendaraan roda dua atau sepeda motor.

Sistem ini didasarkan pada Radio Modul frekuensi, dengan penerima ditempatkan di titik persimpangan dan terhubung ke pengeras suara, layar LCD, dan lampu sinyal hijau dan merah.

Pemancar diposisikan 1 kilometer jauhnya dari persimpangan dan terhubung ke pembaca RF lalu mendeteksi chip yang dipasang ambulans. Setelah ambulans memasuki jarak 1 kilometer dari persimpangan, penerima RF mendeteksi chip dan secara nirkabel memberi sinyal titik persimpangan melalui modul RF.

Sistem yang dikembangkan oleh para inovator ini dapat diterapkan pada berbagai kendaraan darurat, termasuk kendaraan pemadam kebakaran, layanan esensial, konvoi VIP, dan delegasi.

Prototipe yang berfungsi penuh siap untuk diterapkan dan dapat digabungkan dengan mulus ke dalam Proyek Kota Cerdas Srinagar.

Perlu disebutkan bahwa kelompok inovator yang sama sebelumnya telah menemukan metode untuk mendeteksi dan ventilasi karbon monoksida dari ruang tertutup. Aplikasi potensial gadget diperluas untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa di tempat-tempat seperti tambang batu bara dan terowongan, di mana peningkatan kadar karbon monoksida menimbulkan risiko yang signifikan.

Prototipe sistem peringatan transmisi RF mereka menjadi bukti kekuatan kecerdikan lokal dan potensi teknologi untuk mengatasi tantangan kritis yang dihadapi masyarakat.

Infografis Adu Kekuatan Tempur Pakistan Vs India
Infografis Adu Kekuatan Tempur Pakistan Vs India. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya