Dibunuh di Malaysia, Ini Jejak Kakak Kim Jong-un di Jakarta

Kakak Kim Jong-un, Kim Jong-nam pernah berada di Jakarta pada 2014 lalu.

oleh Andreas Gerry Tuwo diperbarui 15 Feb 2017, 19:48 WIB
Diterbitkan 15 Feb 2017, 19:48 WIB
Kakak Tiri Kim Jong-un Nongol di Restoran Jakarta
Kim Jong-nam diberitakan sedang dicari untuk dieksekusi oleh sang pemimpin Korea utara (Korut) Kim Jong-un. Tapi ia terlihat di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un, tewas secara misterius di Bandara Internasional Kuala Lumpur. 

Diduga kuat Jong-nam tewas akibat diracun oleh dua orang perempuan mata-mata Korea Utara.

Selain ke Malaysia, tempat napas penghabisannya diembuskan, Jong-nam ternyata juga pernah berada di Indonesia. Diperkirakan ia menginjakkan kaki di Ibukota Jaarta pada 2014 lalu.

Media Inggris Daily Mail menuliskan, Jong-nam muncul di sebuah restoran Italia di Jakarta. Tidak disebutkan jelas nama atau letak restoran tersebut.

Dugaan Jong-nam ada di Indonesia semakin diperkuat dengan muncul foto dirinya bersama koki restoran tersebut.

Media Korea Selatan YTN Korea pun turut berkomentar terkait foto Jong-nam. Mereka mengklaim bahwa foto tersebut diterima dari seorang teman Jong-nam di Jakarta.

"Meskipun ada laporan-laporan yang mengkhawatirkan keamanannya setelah pamannya, Jang Song-taek dibunuh, Jong-nam masih hidup dan baik-baik saja. Gaya hidupnya masih sama, masih sering mondar-mandir antara Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Prancis," kata sumber itu kepada YTN 2014 lalu.

Dalam foto bersama koki di Jakarta, Jong-nam memperlihatkan senyum lebar. Ia mengenakan kacamata dan topi jerami.

Terlihat dalam foto, dirinya sangat akrab dengan sang koki. Di foto tersebut Jong-nam terlihat menggenggam tangan sang juru masak.

Awalnya Kim Jong-nam masuk nominasi suksesi pengganti Kim Jong-il. Namun sang ayah murka setelah pada tahun 2001 putra sulungnya itu tertangkap hendak memasuki Jepang untuk mengunjungi Disneyland dengan menggunakan paspor palsu.

Penunjukkan sang adik sebagai pemimpin Korut pasca-meninggalnya Kim Jong-il pada 2011 ditentang oleh Kim Jong-nam.

Sejak beberapa tahun lalu, Kim Jong-nam telah menjadi target pembunuhan rezim sang adik. Pada tahun 2012, pihak Korsel mengatakan, seorang mata-mata Korut yang ditahan telah mengakui keterlibatannya dalam komplotan tabrak lari tahun 2010 di China yang menargetkan Kim Jong-nam.

Pada 2012 sebuah surat kabar Moskow melaporkan bahwa Kim Jong-nam tengah mengalami kesulitan keuangan. Sementara itu, The Argumenty i Fakty memuat dalam laporannya bahwa pria itu pernah ditendang dari sebuah hotel di Macau setelah berutang US$ 15.000.

Saksikan juga berita pilihan sepekan yang dimuat dalam bahasa Inggris berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya