Konsep Sedekah yang Benar Menurut Rasulullah, Gus Baha Menjelaskan

Rasulullah SAW bersabda bahwa sedekah tidak akan mengurangi harta, melainkan menambahnya melalui cara-cara yang tidak terduga

oleh Liputan6.com diperbarui 19 Sep 2024, 12:30 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2024, 12:30 WIB
Gus Baha tiktok
KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) (SS TikTok)

Liputan6.com, Jakarta - Sedekah adalah salah satu cara terbaik untuk mengabadikan harta, karena dengan memberi, kita sebenarnya menanam investasi yang kekal di sisi Allah SWT.

Uang yang disedekahkan tidak akan hilang, melainkan menjadi pahala yang terus mengalir, terutama jika digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat bagi banyak orang, seperti membangun masjid, sekolah, atau memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan.

Dalam pandangan Islam, harta yang disimpan hanya untuk diri sendiri akan habis, sedangkan harta yang disedekahkan akan tetap abadi dalam bentuk keberkahan dan balasan di akhirat.

Rasulullah SAW bersabda bahwa sedekah tidak akan mengurangi harta, melainkan menambahnya melalui cara-cara yang tidak terduga.

KH Ahmad Bahauddin Nursalim, atau yang akrab disapa Gus Baha, mengingatkan pentingnya sedekah dalam kehidupan umat Islam. Dalam sebuah kajian yang dikutip di kanal YouTube @MimipChannel, Gus Baha menyampaikan pandangannya mengenai makna sedekah dalam Islam.

Menurut Gus Baha, Nabi Muhammad SAW mengajarkan bahwa sedekah bukan sekadar mengeluarkan uang, melainkan cara untuk mengabadikan harta.

“Nabi mengajari sedekah itu mengabadikan uang,” ujarnya dalam kajian tersebut. Gus Baha menjelaskan bahwa pandangan ini menegaskan bahwa harta yang disedekahkan justru akan menjadi berkah yang abadi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Jangan Salah Paham Konsep Sedekah

Ilustrasi sedekah
Ilustrasi sedekah. Photo by Freepik

Gus Baha juga menekankan bahwa sering kali manusia salah memahami konsep sedekah. Banyak yang beranggapan bahwa sedekah sama dengan menguras harta, padahal menurutnya, hal tersebut adalah cara berpikir yang keliru.

“Kalau kita berpikir sedekah itu menguras uang, itu cara berpikir setan, bukan cara berpikir umat Islam,” jelasnya.

Dalam pandangannya, sedekah bukanlah bentuk pengorbanan finansial yang merugikan. Justru, Gus Baha meyakini bahwa sedekah menjadi jalan untuk mendapatkan berkah yang lebih besar dan rezeki yang terus mengalir.

“Setiap rupiah yang disedekahkan, akan kembali dalam bentuk yang lebih baik,” katanya.

Lebih lanjut, Gus Baha mengajak umat Islam untuk tidak ragu bersedekah, meski dalam keadaan sulit sekalipun. Menurutnya, sedekah adalah bukti nyata dari keimanan seseorang, serta bentuk rasa syukur kepada Allah atas rezeki yang telah diberikan.

Dengan penjelasannya yang mendalam dan sederhana, Gus Baha kembali menegaskan bahwa sedekah bukanlah tentang kehilangan, melainkan tentang mengabadikan apa yang kita miliki dengan berbagi kepada sesama.

 


Begini Keutamaan Sedekah

Mendapatkan Naungan di Hari Akhir
Ilustrasi Bersedekah Credit: freepik.com

Sementara melansir baznas.go.id sedekah merupakan amalan yang dicintai Allah SWT. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ayat Al-Qur’an yang menyebutkan tentang sedekah, salah satunya dalam surat Al-Baqarah ayat 271,

“Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Baqarah: 271).

Keutamaan Sedekah

1. Sedekah Tidak Mengurangi Harta

“Sedekah adalah ibadah yang tidak akan mengurangi harta, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda untuk mengingatkan kita dalam sebuah riwayat Muslim, “sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim).

Mengapa sedekah tidak akan mengurangi harta? Karena meskipun secara tersurat harta terlihat berkurang, namun kekurangan tersebut akan ditutup dengan pahala di sisi Allah SWT dan akan terus bertambah kelipatannya menjadi lebih banyak.

Hal ini merupakan janji Allah yang termaktub dalam surat Saba “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39).

2. Sedekah Menghapus Dosa

Sebagai makhluk Allah SWT yang tak luput dari dosa, umat Islam senantiasa diberikan berbagai keistimewaan agar berkesempatan untuk bertaubat dan menghapus dosa-dosanya dengan cara yang yang diridhai oleh Nya. Salah satunya dengan sedekah.

Sedekah merupakan ibadah yang istimewa, ia dapat memudahkan kita dalam menghapus dosa-dosa. Rasulullah SAW pernah bersabda “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api. (HR. At-Tirmidzi).

3. Sedekah Melipatgandakan Pahala

Sedekah memberikan banyak keistimewaan kepada pelakunya, salah satu diantaranya adalah Allah SWT akan memberikan pahala yang banyak untuk orang yang bersedekah. Allah SWT berfiman,

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

Itulah beberapa keistimewaan sedekah. Begitu banyak nikmat Allah dalam bersedekah, semoga kita termasuk ke dalam orang orang yang diringankan dalam melakukan ibadah istimewa ini. Aamiin.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya