Joe Biden Utus 5 Ribu Personel Bantu Proses Penarikan Militer AS, Taliban Diminta Tak Ganggu

Joe Biden telah memberi wewenang kepada sekitar 5.000 tentara AS untuk memastikan penarikan yang tertib dan aman dari personel AS dan sekutu.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 15 Agu 2021, 13:56 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2021, 12:03 WIB
Presiden Amerika Serikat Joe Biden (AP)
Presiden Amerika Serikat Joe Biden (AP)

Liputan6.com, Kabul - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan bahwa ia telah mengizinkan pengerahan sekitar 5.000 tentara ke Afghanistan untuk mendukung proses penarikan personel.

Dikutip dari laman Xinhua, Minggu (15/8/2021) Joe Biden turut memperingatkan Taliban untuk tidak membahayakan personel AS dalam menjalankan misinya.

Joe Biden mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia telah memberi wewenang kepada sekitar 5.000 tentara AS untuk memastikan penarikan yang tertib dan aman dari personel AS dan sekutu.

Joe Biden mencatat bahwa militer AS telah memperingatkan perwakilan Taliban di Doha, Qatar bahwa tindakan apa pun yang membahayakan personel atau misi AS "akan ditanggapi dengan respons militer AS yang cepat dan kuat."

Dia juga membela keputusannya untuk mengakhiri kehadiran militer AS di negara itu setelah perang dua dekade.

"Satu tahun lagi, atau lima tahun lagi, kehadiran militer AS tidak akan membuat perbedaan jika militer Afghanistan tidak dapat atau tidak akan mempertahankan negaranya sendiri," kata Joe Biden.

"Dan kehadiran Amerika Serikat tanpa akhir di tengah konflik sipil negara lain tidak dapat saya terima."

Mengingat situasi keamanan yang memburuk, Departemen Luar Negeri pada Kamis kemarin mengumumkan pengurangan lebih lanjut personel AS di Kabul.

Pentagon memerintahkan tiga batalyon infanteri, sekitar 3.000 tentara, untuk dikerahkan ke bandara Kabul untuk mendukung penarikan itu.

Selain itu, tim tempur brigade infanteri 3.500 orang akan menuju ke Kuwait jika pasukan tambahan diperlukan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengamanan di Lapangan

FOTO: Rebut Kota Ghazni, Taliban Makin Dekati Ibu Kota Afghanistan
Pejuang Taliban berpatroli dalam Kota Ghazni, barat daya Kabul, Afghanistan, Kamis (12/8/2021). Taliban merebut kota strategis tersebut yang berjarak hanya 150 kilometer dari Ibu Kota Kabul. (AP Photo/Gulabuddin Amiri)

Seorang pejabat pertahanan mengatakan kepada wartawan bahwa Biden pada Sabtu (14/8) pagi menyetujui untuk mengirim "batalyon utama dari Tim Tempur Brigade Lintas Udara ke-82 -- sekitar 1.000 tentara -- untuk membantu penarikan Departemen Luar Negeri.

Menurut pejabat itu, 5.000 tentara AS di Kabul termasuk sekitar 1.000 personel yang sudah berada di lapangan untuk mengamankan bandara dan kedutaan, tiga batalyon infanteri akan tiba pada akhir akhir pekan, dan 1.000 tentara yang baru disetujui.

Pengumuman pengiriman pasukan tambahan ke Afghanistan datang ketika Taliban terus maju di medan perang.

Kota Asadabad, ibu kota provinsi Kunar timur, jatuh ke tangan Taliban pada hari sebelumnya, sehingga jumlah ibu kota provinsi yang direbut oleh kelompok pemberontak menjadi 20.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya